Langsung ke konten utama

Berikut nutrisi yang di butuhkan untuk perkembangan anak anda




Seiring berjalannya waktu,anak akan bertambah besar.maka nutrisi yang di butuhkan anak pun tidak hanya berasal dari ASI saja,tetapi juga MPASI.yaitu tiga zat gizi yang sangat penting untuk anak yakni protein,zat besi dan juga vitamin A yang harus dipenuhi. 
Tetapi,tidak ada aturan dasar untuk memberi makanan,karena yang terpenting adalah ibu dapat memberi nutrisi tambahan yang baik pada anak.
Beberapa penjelasan tentang kebutuhan nutrisi yang diperlukan anak pada usia 6-24bulan,antara lain:

1.karbonhidrat.
Karbonhidrat berfungsi dalam menghasilkan energi untuk pertumbuhan tubuh juga otak.terdiri dari 2 jenis karbonhidrat yaitu:1.karbonhidrat sederhana  contohnya seperti glukosa,fruktosa,dan galaktosa yang terdapat di dalam susu,madu juga buah-buahan.2.karbonhidrat kompleks,yaitu glikogen,selulosa,serat dan pati,yang ada pada nasi,roti,kentang jagung dll.

2.protein
Protein sangat penting untuk perkembangan anak.karena protein membentuk sebagian besar berat tubuh dan sel-sel manusia.sumber protein dapat didapat dari tanaman dan juga hewan.jenis protein ada protein nabati ada protein hewani.sumber makanan yang mengandung protein nabati seperti tahu,tempe,kacang-kacangan serta biji-bijian.sedangkan protein hewani bersal dari ayam,ikan,daging dan susu.setiap 1gram protein menghasilkan 4 kalori.

3.lemak.
Sumber energi yang penting untuk pertumbuhan susunan saraf ialah lemak.sumber lemak nabati dapat ditemui pada  kacang tanah,kelapa dan minyak sawit.sementara lemak hewani terdapat pada mnyak ikan,kuning telur,daging.

4.vitamin
Vitamin terdiri dari vitamin A,B,C,D,Edan vitamin K.vitamin ada yang larut dari air seperti vitamin B komfleks dan vitamin C.dan juga ada yang larut dalam lemak seperti vitamin A,D,E,dan vitamin K.jangan memasak terlalu lama terhadap makanan yang mudah larut dengan air,karena vitamin ini mudah rusak oleh panas.

a) Vitamin A
Vitamin A dibutuhkan untuk pertumbuhan,penglihatan,pertumbuhan tulang dan juga melawan infeksi.makanan yang terkadung vitamin A seperti:wortel,tomat,hati dll.

b) Vitamin B kompleks.
Vitamin ini di perlukan untuk pertumbuhan dan kesehatan system saraf.terdapat didalam tahu,daging,hati,sayuran hijau,kacang-kacangan,alpukat,pisangdll.

c)Vitamin C
Vitamin C diperlukan untuk mengganti jaringan yang rusak,kesehatan kulit,pertumbuhan juga penyerapan zat besi.makanan yang megandung vitamin C seperti buah-buahan segar,misalnya jeruk.

d) Vitamin D
Vitamin D dibuat dibawah kulit melalui sinar matahari dan sangat berguna untuk penyerapan kalsium dan fosfor yang berguna untuk pertumbuhan gigi dan tulang.sumbernya:susu,keju,tuna dll.

e)Vitamin E.
Vitamin E diperlukan untuk membentuk sel darah merah dan untuk mempertahankan stuktur sel tubuh.sumber vitamin E terkandung pada minyak,kacang-kacangan,sayuran dll.

5. mineral.

6.Zat besi
Zat besi diperlukan untuk perkembangan fisik maupun mental.kekuranngan zat besi bisa menyebabkan anemia sehingga dapat muadah lelah dan lemas.sumber zat besi dari nabati terdapat dalam sayuran juga kacang-kacangan.sedangkan sumber yang terkandung pada zat besi hewani adalah:telur,daging,ikan salmon,hati dll.

7.Kalsium
Kalsium sangat baik untuk pembentukan gigi dan tulang.mengkonsumsi 400 ml susu per hari sudah cukup untuk memenuhi kalsium pada anak 1 sampai 5 thn.kalsium terdapat pada:sayuran hijau,keju,susu,sardin,teri,dan kacang-kacangan.

8.Seng.
Seng sangat diperlukan pada pertumbuhan dan pembentuk sumber kekebalan.seng di anjuran ada pada makan sehari-hari.sumbernya terdapat pada kacang tanah,ikan daging dll.




Komentar

Postingan populer dari blog ini

Cara mengatasi ruam popok pada bayi secara benar dan tepat

Terjadinya iritasi pada kulit bayi berupa bercak merah yang membuat tidak nyaman bagi sang bayi  disebut dengan  Ruam popok Berikut penyebab terjadinya Ruam popok pada bayi : 1.      Jarang diganti popok 2.      Bayi sedang mengalami diare 3.      Tidak Cocok popok yang dipakai sang bayi 4.      Popok berukuran kecil dan ketat 5.      Tidak cocok dengan product kulit yang   sedang dipakai 6.      Bayi baru mulai diberi makanan padat 7.      Bayi mempunyai kulit yang sensitif

Penyebab terlambatnya haid pada wanita

Sebagai seorang wanita pasti mengetahui istilah haid,mensturasi atau datang bulan,karna hal itu terjadi setiap bulan pada wanita,haid terkadang membuat anda khawatir karena banyak faktor yang terjadi saat wanita mengalami haid,misalnya : warna darah yang berbeda,waktu haid tidak ter atur,rasa sakit pada bagian perut,dll Pada posting kali ini saya akan membahas tentang penyebab terlambatnya haid,sebelum saya membahasanya saya akan mencoba sedikit menerangkan tentang apa itu haid?

Cara mengatasi ejakulasi dini secara alami

Ejakulasi dini menurut WHD (2004) adalah enjekulasi yang berulang sering atau menetap dengan stimulasi dengan minimal sebelum,saat,atau sesaat setelah penetrasi dan sebelim saat yang diinginkan oleh karena tidak mampu mengendalikannya yang kemudian menyebabkan ketidak puasan pada pasangan,rasa terganggu dan rasa tertekan. Mengatasi enjakulasi dini beberapa cara yang dapat di lakukan untuk mengontrol enjakulasi dini : Jangan menggunakan narkotik atau alkohol. Cobalah untuk relaks atau santai sebelum berhubungan seksual. Bernapas dalam. Salah satu cara yang paling mudah untuk santai ketika berhubungan adalah menarik napas dalam. Melakukan masturbasi 1-2 jam sebelum berhubungan dapat memperlama fase ereksi Melakukan teknik Stop-Start yang dipopulerkan oleh Masters dan Johson. Teknik ini cukup efektif untuk mengontrol ejakulasi. Cara yang dilakukan adalah : Pasangan wanita memulai dengan rangsangan pada penis pria dan menghentikannya ketika pria merasakan sensasi yang dapat m