Langsung ke konten utama

Awas alergi anak yang di sebabkan oleh makanan



Akhir-akhir ini kemunculan alergi semakin meningkat, terutama pada anak. Berbagai faktor diyakini turut memicu timbulnya alergi, seperti banyaknya polutan di lingkungan sekitar kita, faktor genetik (keturunan), hingga perubahan proses industri makanan seiring kemajuan teknologi.

alergi pada anak yang disebabkan karena makananAlergi yang muncul akhir-akhir ini semakin meningkat,utamanya pada anak.beberapa sebab yang diyakini menimbulkan alergi adalah:faktor genetic,polusi lingkungan,proses industri makan dll.

Bila anak memiliki alergi ibu tidak perlu cemas,cukup mengetahui zat apa yang memicu alergi tersebut sehingga ibu dapat menjauhkannya dari anak.jenis alergi yang sering dialami anak salah satunya seperi alergi pada makanan.misalnya pada makan laut(seafood),kacang,telur,dll.tetapi bila pada balita biasnya 2 hingga 3% ada yang alergi pada susu sapi.

jika pada pemberian pertama susu sapi anak menimbulkan gejala gejala aneh,itu berarti anak alergi terhadap susu sapi.gejala pada saluran pernapasan seperti batuk,filek,sesak nafas dll.sedangkan pada gejala pencernaan seperti pada nyeri perut,diare,kembung,muntah dll.sedangkan pada kulit terdapat bengkak pada bibir dan mata,gatal-gatal merah (dermatitis atopic)juga kaligata.
Bila terjadi alergi tentu tidak mudah untuk menentukan mkanan untuk anak.terutama bagi anak yang alergi terhadap berbagai jenis makanan.namun anda jangan khawatir anda dapat menerapkan beberapa kiat seperti:

1.pelajari mengenai alergi anak,dan janganlah panik atau tunjukan rasa gugup anda.karena anak bisa merasakan kepanikan orang tuanya.tak lupa cari tahu mengenai cara mengatasinya dan sedikit demi sedikit memberi pemahaman pada anak dan keluarga.

2.agar tidak timbul reaksi alergi pada anak,hindari jenis makanan tersebut bahkan dalam jumlah kecil.

3.catatlah nama makanan yang merupakan alergi pada anak juga nama lain nya dari mkanan itu yang sering terdaftar pada kemasan makanan.

4.supaya nutrisi anak seimbang cari tahu alternatif makanan yang lain yang terdapat kandungan yang sama pada makanan yang mengandung alergi.

5.bila anda membeli sesuatu entah itu makanan,obat atau vitamin perhatikan bahan pembuatannya atau kandungan nutrisi yang terkandung didalamnya.karena terdapat berbagai jenis nama makanan dengan nama kimia yang terkandung alergi.tetapi lama kelamaan andaan  akan terbiasa dengan nama-nama tersebut.

6.selalu waspada pada jenis makanan yang beresiko tinggi yang akan menyebabkan kontaminasi silang,seperti permen,coklat,roti,atau makanan impor kemasan.kontaminasi sialng dapat terjadi bila produsenmakanan mengunakan alat yang serupa untuk membuat berbagai jenis makanan,sehingga mungkin saja tertinggal zat yang mengandung allergen dari pembuatan mkanan sebelumnya.

7.damlam memasak  untuk anak harus imajinatif dan penuh kreasi,hal tersebut bisa dimulai dengan cara memasak menggunakan bahan yang sederhana tetapi aman untuk anak.lalu kembangkan dengan bahan dasar yang telah dicoba.

8.peratikan apa yang di makan oleh anak,jngan memperhatikan apa yang tidak anak suka.karena anda akan terbisa memilih dan mengolah maknan yang anak gemari.

9.bergabung dengan orang tua yang sama memiliki anak yang alergi,karena dengan itu anda dapat sling bertukar informasi,sling mendukung juga memperoleh pengetahuan.

10.bila anda ragu pada suatu kandungan yang tertera pada suatu makanan jangan malu untuk bertanya pada produsen makanan misalnya terdapat nomor khusus pelanggan yang dapat dihubungi,atau anda dapat browsing di internet.

Pada mulanya kebiasaan dapat mempersulit ataupun membingungkan.tetapai bila anda rutin menczri info tenang alergi dan jenis makanan anda akan lebih informatip dan percaya diri untuk memberikan dan menyiapkan makanan kepada anak,hal ini pun akan terasa mudah karna info yang sudah anda ketahui.

Sekarang sudah ada bubur untuk bayi yang lengkap gizi dari bhan pilihan alami misalnya dari protein daging,ayam dan kacabg kedelai untuk menghindari alergi pada anak usia satu tahun dan termasuk alergi susu sapi.

Pemilihan bubur bayi bebas protein susu(kasien)dan protein gandum (gluten)sehingga dapat mengurangi timbulnya alergi;protein soya atau dari daging ayam sehingga mudah di cerna;Zn dan Fe agar anak terhindar dari anemia;amega 6 dan omega 3 agar baik untuk perkembangan otak;serta prebiotik FOS untuk menjaga saluran pencernaan anak,

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Cara mengatasi ruam popok pada bayi secara benar dan tepat

Terjadinya iritasi pada kulit bayi berupa bercak merah yang membuat tidak nyaman bagi sang bayi  disebut dengan  Ruam popok Berikut penyebab terjadinya Ruam popok pada bayi : 1.      Jarang diganti popok 2.      Bayi sedang mengalami diare 3.      Tidak Cocok popok yang dipakai sang bayi 4.      Popok berukuran kecil dan ketat 5.      Tidak cocok dengan product kulit yang   sedang dipakai 6.      Bayi baru mulai diberi makanan padat 7.      Bayi mempunyai kulit yang sensitif

Penyebab terlambatnya haid pada wanita

Sebagai seorang wanita pasti mengetahui istilah haid,mensturasi atau datang bulan,karna hal itu terjadi setiap bulan pada wanita,haid terkadang membuat anda khawatir karena banyak faktor yang terjadi saat wanita mengalami haid,misalnya : warna darah yang berbeda,waktu haid tidak ter atur,rasa sakit pada bagian perut,dll Pada posting kali ini saya akan membahas tentang penyebab terlambatnya haid,sebelum saya membahasanya saya akan mencoba sedikit menerangkan tentang apa itu haid?

Cara mengatasi ejakulasi dini secara alami

Ejakulasi dini menurut WHD (2004) adalah enjekulasi yang berulang sering atau menetap dengan stimulasi dengan minimal sebelum,saat,atau sesaat setelah penetrasi dan sebelim saat yang diinginkan oleh karena tidak mampu mengendalikannya yang kemudian menyebabkan ketidak puasan pada pasangan,rasa terganggu dan rasa tertekan. Mengatasi enjakulasi dini beberapa cara yang dapat di lakukan untuk mengontrol enjakulasi dini : Jangan menggunakan narkotik atau alkohol. Cobalah untuk relaks atau santai sebelum berhubungan seksual. Bernapas dalam. Salah satu cara yang paling mudah untuk santai ketika berhubungan adalah menarik napas dalam. Melakukan masturbasi 1-2 jam sebelum berhubungan dapat memperlama fase ereksi Melakukan teknik Stop-Start yang dipopulerkan oleh Masters dan Johson. Teknik ini cukup efektif untuk mengontrol ejakulasi. Cara yang dilakukan adalah : Pasangan wanita memulai dengan rangsangan pada penis pria dan menghentikannya ketika pria merasakan sensasi yang dapat m