Langsung ke konten utama

Penyebab terlambatnya haid pada wanita

Sebagai seorang wanita pasti mengetahui istilah haid,mensturasi atau datang bulan,karna hal itu terjadi setiap bulan pada wanita,haid terkadang membuat anda khawatir karena banyak faktor yang terjadi saat wanita mengalami haid,misalnya : warna darah yang berbeda,waktu haid tidak ter atur,rasa sakit pada bagian perut,dll
Pada posting kali ini saya akan membahas tentang penyebab terlambatnya haid,sebelum saya membahasanya saya akan mencoba sedikit menerangkan tentang apa itu haid?

Haid adalah perubahan fisiologis dalam tubuh wanita yang terjadi secara berkala dan di pengaruhi oleh hormon repoduksi hal ini biasanya terjadi pada wanita antara usia remaja sampai menopause,terjadinya haid pada wanita rata2 terjadi pada tgl 28 di setiap bulan.tapi terkadang haid terjadi pada sebagian wanita pada tanggal 21-30,Umumnya lama haid yang terjadi pada waita  5 hari,tapi ada juga yang 2 hari terkadang 7 hari lamanya,Darah yang keluar pada saat haid terjadi 10 ml- 80 ml perhari tetapi biasanya rata- rata 35ml perhari,
Sekilas tentang Pembahasan  terjadinya haid pada wanita,sesuai tema kali ini saya akan mencoba share tentang penyebab terlambat datang yang saya dapatkan dari beberapa narasumber yang terpercaya.
Beberapa faktor penyebab terjadinya terlambat datang bulan/haid 
Meskipun penyebab tersering terlambatnya siklus menstruasi adalah kehamilan, namun masih teradapat beberapa penyebab lain, antara lain:
  • Stress dan depresi
  • Nutrisi yang kurang, penurunan berat badan berlebihan, olahraga berlebihan, obesitas
  • Gangguan hipotalamus dan hipofisis sehingga terjadi ketidak seimbangan hormon dalam tubuh
  • Gangguan indung telur 
  • Penggunaan obat-obatanseperti obat antidepresi, kortikosteroid, kontrasepsi oral, dll
  • Penyakit kronik dan Sindrom Asherman
  • dll
Faktor di  atas adalah sebagian Penyebab telatnya datang bulan yang sering terjadi pada wanita,tapi selain itu masih banyak faktor yang menyebabkan telat datang bulan,karena banyaknya perbedaan haid yang terjadi pada wanita,
sampai disini dulu postingan saya hari ini,semoga bermanfaat bagi kaum wanita
"Bila ada pertanyaan tentang seputar  haid silahkan komentar pada  mudah-mudahan saya bisa membantu anda .."

Komentar

  1. jika sudah melakukan hubungan suami istri tetapi belum sempat mengeluarkan sperma di dalam kmaluan,apakah berpengaruh terhadap keterlambatan haid ? mohon di jawab segera.karena sangat penting.terima kasih.

    BalasHapus
    Balasan
    1. pertayaan pertama apakah anda sudah menikah?
      Mugkin yang ada khawatirkan adalah kehamilan...
      Berapa usia anda? karna di usia muda mensturasi tidak teratur datangnya
      Tidak berpengaruh tentang sperma yang keluar dari luar kelamin dengan keterlambatan haid

      Hapus
  2. Klo darah rendah bisa mengakibatkan telatnya haid gk mbak?

    BalasHapus
    Balasan
    1. darah yang di keluarkan mensturasi itu adalah darah kotor,jadi saya kira darah rendah (darah bersih ) tidak bermasalah untuk keterlambatan haid mbak...

      Hapus
    2. Mbak, apakah normal klo usia remaja 14 thun itu terlambat haid lebih dari 1 bulan lebih, atau kira" hampir maauk 2 bulan?

      Hapus
    3. di usia remaja datangnya haid tidak teratur....tapi tidak sampai selama itu...coba anda konsultasi dengan dokter di wilayah anda

      Hapus
  3. teman saya mengalami datang bulan selama 2 minggu dia dn pacarnya takut kalu hami. dia prnah mlakukan onani dgn cwo'y tp sperma tdk kluar d vagina mlainkan d luar dn lngsung d lap dgn tisue.. ,OHON JAWABAN SECEPATNYA

    BalasHapus
  4. kalau telat menstruasinya udah 3 bulan gimana cara menaganinya?

    BalasHapus
  5. makasih banyak informasinya gan, salam kenal aja

    BalasHapus
  6. Saya masih dlm berpacaran, saya sudah Ml.cewe saya suddah teLat 2minggu dan saya mencoba dgn tespek hasil'y negativ, tp msh tetap blm mendapatkan haid, gmn sOlusi'y, thx

    BalasHapus
  7. mw tanya neh apakah sperma bsa menembus CD dan celana levis
    dan brpa lama sperma bsa brthan di dalam celana

    BalasHapus
  8. jika kita terlambat haid dan tanggal biasa kita yaitu tanggal 10 , namun di hari itu kita tidak haid apakah penyebab hamil ?

    BalasHapus
  9. dok saya mw tany..
    saya dan pcr saya pernh mlkukan hbngn intim tapi .sperma ny keluar bkn d V ny mlaikan d luar,apkah dpt menyebbkan khamilan..

    karena saya risau dngn pa yg drskn pcr saya skrng dok.saya takut dia hamil.

    skrng dia telat datang bulan dok sudah 4 hari

    BalasHapus
  10. Saya nau tanya, kalo klo sya telat dtg bln dlm sbulan ini apakh bs krn khamilan?? sya tdk prnh mlakukn hub suami istri scra lngsng. Sya dtg bln tgl 26 Des smpai 2 Jan. Tetapi Januari sya tdk haid, biasanya sya tdk prnh bgni...tlong bgt bntu sya... -_-

    BalasHapus
  11. mbak... saya sering sekali telat2 haidnya mbak... misal haid tanggl 10an... bulan depannya haid tanggal 20an... trus biulan epannya lagi nggak dapat, tapi di dibulan selanjutnya haid di tanggal 5an... bingung saya dok. usia saya 23th danbelum menikah jg blm pernah melakukan hubungan seks. saya lihat makanan sy juga sehat.

    trus jika menkonsumsi jamu yg mengatasi telat datang haid itu ada efek samping nggak dok.

    terimakasih dok...

    BalasHapus
  12. saya menikah bulna juli 2012 kemarin kemudian tanggal 31 desember 2012-4 januari 2013 saya dapat haid setelahnya hinggal saat ini saya belum haid setelah saya tes ternyata hasilnya masih negatif..pertanyaan saya apakah saya hamil, kalau iya kenapa hasil tesnya masih negatif tapi sdh 2 bulan saya tidak haid,,kejadian ini beru pertama karena selama ini haid saya teratur,,dicek di dokter kandungan juga waktu tgl 15 februari katanya belum ada tanda-tanda,,bagian perut bawah saya sering sakit,,kira-kira apa penyebabnya..makasih

    BalasHapus
  13. kalau datang bulannya telat, misalnya 2 bulan 1 kali. .bgaimana itu mbak

    BalasHapus

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

Cara mengatasi ruam popok pada bayi secara benar dan tepat

Terjadinya iritasi pada kulit bayi berupa bercak merah yang membuat tidak nyaman bagi sang bayi  disebut dengan  Ruam popok Berikut penyebab terjadinya Ruam popok pada bayi : 1.      Jarang diganti popok 2.      Bayi sedang mengalami diare 3.      Tidak Cocok popok yang dipakai sang bayi 4.      Popok berukuran kecil dan ketat 5.      Tidak cocok dengan product kulit yang   sedang dipakai 6.      Bayi baru mulai diberi makanan padat 7.      Bayi mempunyai kulit yang sensitif

Cara jitu mengatasi anak agar tidak susah makan

Setiap ibu pasti pernah mengalami kendala ketika sang buah hati susah makan,tidak perlu cemas,karna bunda tida sendirian.anak susah makan memang kasus yang sudah tidak aneh lagi,tetapi hal ini tidak dapat dibiarkan begitu saja,karna anak masih dalam masa pertumbuhan dan juga membutuhkan nutrisi yang lengkap : Ada beberapa hal yang mungkin bisa bunda pakai dalam mengatasi anak yang susah makan diantaranya: